Sabtu, 04 April 2020

Ergonomi Makro


Pendekatan ergonomi makro dibangun berdasarkan pedoman ergonomi mikro dan berkonsentrasi pada pengenalan, integrasi, dan pemanfaatan teknologi. Tujuan dari ergonomi makro adalah untuk mengoptimalkan fungsi (yaitu keselamatan dan efisiensi) dari sistem sosioteknik yang dimaksudkan tidak hanya melalui peningkatan peralatan, lingkungan kerja, workstation, metode kerja, pekerjaan, dll. Tetapi juga dengan mempertimbangkan teknologi sebagai penentu dari desain organisasi. Populasi pengguna akhir adalah budaya dan atribut psikososial, yang memainkan peran kendala dalam proses optimisasi multi-variabel dan dinamis, juga predikat karakteristik yang diperlukan dari sistem manajerial dan kontrol yang sesuai (lih. Meshkati, 1989).
Makroergonomi dapat diterapkan pada sistem sosioteknik yang lebih luas atau 'organisasi yang paling kompleks', 'organisasi sangat kompleks' dan 'organisasi kompleks' (Kleiner dan Booher 2003).

Perbandingan Ergonomi Mikro dan Makro
Ergonomi mikro difokuskan pada tingkat sistem manusia-mesin dan berkaitan dengan desain kontrol individu, display, dan workstation. Ini termasuk studi tentang keterampilan psikomotorik, kapasitas dan kompleksitas kognitif, pengambilan keputusan manusia, pemrosesan dan kesalahan informasi, dll.
Sebagai perbandingan, ergonomi makro difokuskan pada tingkat keseluruhan sistem teknologi orang dan berkaitan dengan dampak sistem teknologi pada sistem organisasi, manajerial, dan personalia (Hendrick, 1987a, 1987b).

Contoh Penerapan
Contoh penerapan ergonomi mikro pada suatu kasus diantaranya yaitu mendesain ruang control beserta display-nya, menganalisis human error, level instrumentasi dan otomasi pabrik, training, dan lain-lain.
Contoh penerapan ergonomi makro pada suatu kasus diantaranya yaitu menganalisis efek dari variabel budaya, masalah organisasi dan manajerial, dan lain-lain.

Sumber:
Kleiner. M, Hettinger. L, Dejoy. D, Huang. Y dan Love. P. (2015): Sociotechnical attributes of safe and unsafe work systems, Ergonomics, 58:4, 635-649.
Meshkati. N. (1989): An Etiological Investigation Of Micro- And Macroergonomic Factors In The Bhopal Disaster: Lessons For Industries Of Both Industrialized And Developing Countries, International Journal of Industrial Ergonomics, 4, 161-175.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar